Bersama Alween Ong, Difable Tembus Batas Dunia Wirausaha

Diposkan: 30 Oct 2023 Dibaca: 654 kali


Semangat dan harapan bersinar di mata sekelompok difable yang luar biasa, terdiri dari tuna netra, tuna daksa, tuna wicara, tuna rungu, dan Orang yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK), ketika mereka berkumpul di desa Secanang Belawan pada 30 oktober 2023. Bersama mereka adalah seorang individu yang sangat menginspirasi, Alween Ong, seorang wirausaha muda yang telah memenangkan berbagai penghargaan, salah satunya adalah Penghargaan Penggerak Wirausaha dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Lebih dari sekadar prestasinya, Alween adalah seorang advokat inklusi yang berkomitmen untuk mendukung difable dalam meraih mimpi mereka.

 

Kegiatan hari ini merupakan kelanjutan dari Workshop Wirausaha Difable yang sukses diadakan di Hotel Radisson pada bulan September 2023, yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Murni dan NLR Indonesia. Dalam rangka untuk memperkuat keberlanjutan upaya ini, para peserta workshop berkumpul di desa Secanang Belawan untuk mendapatkan bimbingan lebih lanjut dan pengembangan wirausaha mereka, khususnya teman-teman OYPMK yang telah mengalami pengalaman hidup yang berat akibat menderita kusta.

 

Alween Ong, selain sebagai wirausaha sukses, juga merupakan advokat inklusi yang berkomitmen untuk memastikan bahwa semua individu, terlepas dari hambatan fisik atau sosial, memiliki kesempatan yang sama dalam dunia wirausaha. Dia telah mengambil langkah penting untuk mendampingi para difable dalam upaya mereka untuk mencapai kemandirian ekonomi melalui usaha wirausaha. Materi yang diajarkan mencakup tahapan perencanaan berwirausaha, strategi branding, pemasaran, dan pemasaran digital.

 

"Saya sangat terinspirasi oleh semangat dan keuletan teman-teman difable ini. Mereka adalah bukti nyata bahwa dengan tekad dan dukungan yang tepat, tidak ada yang tidak mungkin. Saya merasa bahagia dan terhormat dapat membantu mereka mencapai lebih banyak lagi," kata Alween Ong dengan semangat.

 

Peserta workshop telah memilih berbagai jenis usaha, mulai dari pembuatan kolam lele hingga penjualan pakan ikan, dan bahkan toko online pakaian, kuliner, produsen kopi dan berjualan pulsa. Ini adalah bukti nyata tentang bagaimana keragaman usaha dapat dijalani oleh difable, membuktikan bahwa mereka memiliki potensi besar dalam dunia wirausaha.

 

Yayasan Karya Murni dan NLR Indonesia memiliki peran penting dalam memfasilitasi kegiatan ini, memberikan bimbingan teknis dan dukungan yang sangat diperlukan kepada peserta workshop. Melalui pendampingan ini, para difable semakin percaya diri dalam merencanakan dan mengelola usaha mereka.

 

Sesi Pendampingan Wirausaha: Memperkuat Kemampuan Difable

Selama sesi pendampingan wirausaha hari ini, para peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan penting dalam rangka mengembangkan usaha wirausaha mereka. Beberapa topik yang mereka pelajari meliputi tahapan perencanaan berwirausaha, strategi branding, pemasaran, pemasaran digital, manajemen keuangan, keterampilan kewirausahaan, inovasi bisnis, dan pentingnya keberlanjutan dalam bisnis mereka. Dengan dasar yang kuat dalam aspek-aspek wirausaha ini, mereka dapat memperkuat bisnis mereka, meraih kesuksesan, dan berkontribusi positif pada komunitas mereka serta ekonomi secara keseluruhan.

 

Bersama Alween Ong, para difable telah membuktikan bahwa inklusi sosial dan ekonomi adalah tugas bersama kita semua. Dengan kerja keras, tekad, dan dukungan komunitas, mereka mampu mencapai potensi penuh mereka dan memainkan peran yang signifikan dalam membangun masa depan yang lebih cerah. Langkah ini adalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, di mana setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk meraih sukses. Melalui inspirasi, bimbingan, dan semangat, Alween Ong dan para difable telah membuka pintu menuju dunia wirausaha yang lebih inklusif, di mana tidak ada batasan yang tak bisa dilampaui.

 

Komitmen Alween Ong untuk Inklusi Difable

Selama perbincangan dengan Alween Ong, dia juga berbicara tentang komitmennya untuk membantu difable dalam upaya mencapai kemandirian ekonomi dan inklusi yang lebih besar. "Saya memiliki tekad yang kuat untuk melanjutkan dukungan saya kepada teman-teman difable. Jika saya terpilih sebagai anggota dewan di masa depan, saya akan berusaha semakin meluaskan manfaat bagi teman-teman difable. Ini termasuk mendukung regulasi yang mendukung inklusi difable dalam dunia wirausaha, mengadvokasi hak-hak mereka, dan berkomitmen untuk memastikan bahwa tidak ada yang terpinggirkan dalam masyarakat kita. Ini adalah tanggung jawab kita bersama," ujar Alween Ong.

 

Alween Ong telah membuktikan Dalam langkah-langkah nyata yang telah diambilnya, dia telah membantu para difable memahami bahwa inklusi sosial dan ekonomi adalah tugas bersama kita. Dengan kerja keras, tekad, dan dukungan komunitas, mereka mampu mencapai potensi penuh mereka dan memainkan peran yang signifikan dalam membangun masa depan yang lebih cerah. Langkah ini adalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, di mana setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk meraih sukses. Melalui inspirasi, bimbingan, dan semangat, Alween Ong dan para difable telah membuka pintu menuju dunia wirausaha yang lebih inklusif, di mana tidak ada batasan yang tak bisa dilampaui.


Tags

Artikel Terkait

Alween Ong Menginspirasi Guru MDTA Tebing Tinggi Menjadi Guru Kreator Digital Handal

Alween Ong Menginspirasi Guru MDTA Tebing Tinggi Menjadi Guru Kreator Digital Handal

Kegiatan Guru Kreator Digital yang digelar di Aula Masjid Baiturahman MDTA Muhammadiyah hari ini bertujuan untuk memperkenalkan para guru MDTA dengan konsep-konsep kunci dalam dunia digital yang berkembang pesat. Pada sesi pertama, Alween Ong membahas strategi digital marketing yang efektif, memberi [...]

Diposkan: 08 Oct 2023 Dibaca: 588 kali