Betapa Berharganya Pengalaman yang Telah Dilalui

Diposkan: 06 Dec 2021 Dibaca: 3105 kali


Alweenong - Banyak sekali diluar sana yang mengatakan bahwasanya guru terbaik yaitu pengalaman diri. Seberapa jauh pengalaman itu ditempuh dan ditempah oleh pahitnya keadaan. Begitu juga dengan setiap waktu yang telah terbuang untuk menjalani setiap keadaan.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hal tersebut menjadi pengalaman terbaik apabila kita selalu mengosongkan gelas dan juga terus belajar. Konteks belajar ini sebenarnya bisa berasal dari mana saja. Entah itu dari sisi pengalaman diri sendiri, orang lain atau dari apapun deh.

Makna Mendalam yang Terpaut Didalamnya

Hanya mendengar sepintas saja, mungkin kawan-kawan sudah paham betul apa maksud dari “Guru terbaik berasal dari sebuah pengalaman”. Pada dasarnya, keberadaan sebuah pengalaman ini mempunyai makna yang sungguh amat sangat dalam maknanya. Karena, dengan adanya pengalaman-pengalaman inilah yang akan membantu peran dalam menjalani kehidupan.

Hal ini berlaku untuk setiap hal yang telah terjadi di masa lampau. Entah itu hal yang sangat sepele ataupun dengan perihal yang besar sekalipun. Segalanya, akan menjadi bekal kita untuk menjalani hari menata masa depan untuk lebih baik lagi.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwasanya pengalaman ini bukan hanya dari diri kita sendiri. Akan tetapi kita juga bisa memetik berbagai macam pengalaman orang lain yang kita temui. Bahkan, kita juga bisa loh mendapat pelajaran dari pengalaman orang yang baru saja kita lihat.

Dengan begitu, sebenarnya sebuah pengalaman bukan melulu dari mereka kerabat, teman ataupun orang-orang yang kita kenali. Akan tetapi, bentuk pengalaman ini bisa saja berasal dari sisi mana saja. Nah, oleh karena itu, kita harus bisa pintar-pintar nih untuk menerima dan menangkan setiap keadaan yang tengah kita lihat.

Dengan berbagai macam pengalaman orang lain, baik itu dengan konteks negatif maupun konteks positif. Segalanya bisa menjadi modal kita untuk terus berbuat baik dan menjadi pribadi yang senantiasa berkembang untuk menjadi lebih baik lagi.

Berdasarkan berbagai pengalaman diri sendiri dan orang lain ini juga bisa menjadi sebuah modal nih untuk kamu mencoba untuk merintis usaha. Nah, memang permulaan yang sangat tepat nih sebelum mencoba untuk memulai usaha. Apabila kita sangat kritis dengan keadaan, yakin deh bahwa akan banyak sekali pelajaran berharga yang bisa kita ambil di dalamnya.

Bagi saya, pengalaman yang telah saya terima dari orang nomor satu di Medan yakni akan keramahannya dan keterbukaannya. Begitu juga beliau tidak pernah berubah meskipun beliau memangku jabatan tinggi.

Beberapa hari belakangan ini, mulai banyak kawan-kawan yang semakin peduli akan hastag #kawanawen. Mungkin nih kawan-kawan bisa mencoba untuk cek dan ricek dari masa ke masa. Padahal, keberadaan hastag ini sudah tersemat sangat jauh sebelum hingar binger percaturan pencitraan tanam padi dikala hujan.

Bahkan sebelum adanya masang memasang baliho dengan mereka rakyat lapar loh. Teruslah untuk ikut serta berkontribusi bergerak hanya karena Allah, namun bukan semata-mata hanya untuk jabatan saja.

Apabila jabatan menjadi semangat dan motivasi kamu untuk bisa bergerak sepuluh kali kecepatan dan meningkatkan sisi kepedulianmu. Maka sebenarnya ada kewajiban dan juga tanggung jawab yang tengah diamanahkan kepadamu. 

Kawan-kawan teruslah untuk belajar, menambah wawasan, berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi ya. Serta jangan lupa untuk sesekali kita merenung untuk mengevaluasi diri dan terus memikirkan bagaimana kinerja kita untuk esok bisa menjadi lebih baik lagi. Semangat kawan-kawan Alwen.


Tags